Selasa, 06 Desember 2011

Mengganti Head Printer Matrix Point

Kesempatankali ini, akan saya jelaskan mengenai cara untuk mengganti print head pada printer kasir matrix point atau istilahnya “Receipt Printer” dot matrix type MP6745 yang biasa digunakan untuk aplikasi komputer kasir “Point of Sale” POS. Jika rekan – rekan pernah mengalami hasil cetakan yang sudah mulai pudar meskipun sudah diganti pita atau ribbon, huruf yang tercetak putus - putus ataupun gejala – gejala hasil cetakan yang sudah tidak terlihat . Itu berarti gejala head pada printer anda sudah mulai aus ataupun ada beberapa pin head yang putus.
Biasanya untuk kasus demikian jika anda menghubungi vendor terdekat pasti akan segera disarankan untuk kirim printer anda ke toko terdekat untuk direparasi . Padahal kalau kita perhatikan dengan seksama tidak begitu sulit untuk mengganti printhead sendiri.
Berikut tips cara mengatasi hal tersebut, konsultasikan dengan teknisi dari vendor bahwa benar - benar gejala kerusakan yang terjadi pada printer anda adalah gejala kerusakan pada head printer. Kalau sudah begitu tinggal pesan saja head printernya langsung mohon kirim ke alamat anda.
Lalu ikuti beberapa petunjuk berikut,

1.buka pelindung head printer seperti pada gambar, perhatikan tanda panas, jika baru saja digunakan dan tersentuh efeknya pasti akan terasa sedikit hangat, gunakan pelindung tangan bila perlu.

2. Nah kalau sudah kelihatan kepala printernya alias head printer, cari 2 buah baut pengaman nya, lepaskan dengan hati – hati dengan menggunakan obeng.

3. Geser ke kiri head printernya, perhatikan kabel tipis warna orange yang  terkait di head printer dan bagian bawah. lepaskan dengan hati – hati.

4. Ganti head printer yang rusak dengan yang baru , dan pasangkan kembali seperti semula. ingat jangan sampai terbalik pasang kabelnya.
5. Yang terakhir pasangkan kembali semua perangkat, hubungkan dengan power dan coba test print, caranya pada posisi printer mati tekan dan tahan tombol feed, nyalakan power printer dan lepaskan tombol feed. perhatikan hasil test print nya jika masih kurang bagus coba cek semua perangkatnya apakah sudah terpasang dengan baik.

Semoga bermanfaat..


3 komentar:

  1. kalo beli head printernya dimana gan..??
    mohon info ya gan 081325356933

    BalasHapus
  2. Untuk harga head print berapa ya ?

    BalasHapus
  3. Beli headnya matrix point dimana ya?

    BalasHapus